-->

cara mengencangkan perut


Mengencangkan area perut yang kendur, memang sudah menjadi tugas wajib bagi seorang ibu pasca melahirkan. Apalagi kecemasan perut membuncit selalu saja menghantui jika tidak teratasi sesegera mungkin. Salah  satu upaya umum yang dilakukan para ibu adalah kembali merutinitaskan aktifitas nge-gym dengan memfokuskan latihan pada bagian perut.
Anda tidak perlu takut ataupun gelisah jika kondisi perut tidak membalik seperti sediakala. Yang terpenting adalah memulihkan terlebih dahulu akan kondisi pasca melahirkan Anda, hingga dokter merekomendasikan kembali berolahraga. Lakukanlah olahraga secara rutin dengan intensitas tidak terlalu berat. Perbanyak kegiatan berunsur kardio dan gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang. Berikut adalah tips latihan sederhana yang dapat membantu mengencangkan daerah perut, sebagaimana Anda sebelum melahirkan.

Air Bike

Berbaringlah diatas matras dengan melipatkan kedua tangan dibelakang kepala, lalu tekuklah lutut Anda menyerupai sudut siku. Untuk mengawali gerakan, angkat kepala dan lutut menyilang seolah-olah ingin bersentuhan. Jika sikut kanan mengangkat, maka lutut kirilah yang harus diangkat, begitu pula dengan sebaliknya. Sesuai dengan namanya, maka sikap sit-up air bike dilakukan sebagaimana Anda mengayuhkan pijakan sepeda. Untuk mendapatkan hasil yang signifikan, lakukanlah 12-15 reps di setiap masing-masing sisi kaki sebanyak 3 set.

Crunch – Hands Overhead

 Untuk gerakan selanjutnya, Anda cukup berbaring rileks pada matras. Kemudian tempelkan kedua telapak tangan sejajar diatas kepala dengan sikap tangan lurus dan kedua kaki menekuk. Angkatlah sedikit kepala Anda diiringi kedua tangan dan penarikan nafas. Untuk menyempurnakan gerakan, tahan sejenak ketika perut mulai ditekukkan. Rasakanlah kontraksi pada perut bagian atas, kemudian lakukanlah 12-15 reps dalam 3 set.

Leg Raise

 Banyak orang yang mengeluhkan bagaimana caranya mengencangkan V-Abdominal. Salah satu tekniknya adalah melakukan leg raises. Mungkin terbilang mudah, namun jika dilakukan cukup membuat kontraksi disekujur perut bawah Anda begitu kencang.
Anda tidak perlu cemas ataupun ragu. Lakukanlah dengan berbaring diatas matras dengan tumpuan pada tubuh maupun kedua tangan. Kemudian angkat kedua kaki Anda serentak hingga tegak lurus. Kemudian turunkan secara perlahan-lahan, dengan catatan tidak menyentuhkannya di atas lantai sebelum jumlah repetisi terpenuhi.
Memang disaat menaikan ataupun menurunkan kaki, posisi tubuh Anda akan sedikit goyang dan bergeser. Untuk menyiasatinya Anda dapat menyilangkan kedua tangan Anda dibelakang pinggang ataupun memegang matras yang Anda tiduri.

Knee Raise

Masih tetap di matras dengan sasaran otot perut yang sama. Jika sebelumnya kaki Anda diangkat secara bersamaan secara lurus. Kali ini kedua kaki tersebut diangkat dengan menekukan pada kedua lutut. Kemudian mendorongkannya kembali dengan lurus, namun tidak menyentuhkannya diatas lantai, sebelum jumlah repetisi terpenuhi.

Stick Side Bend

Latihan berikutnya dilakukan guna mengencangkan area perut samping Anda. Adapun cara melakukannya adalah dengan memikul sebuah alat bantu berupa tongkat tepat di bagian pundak. Lalu gerakanlah dengan memiringkannya ke kiri dan ke kanan, dengan catatan posisi pinggang tetap statis atau tidak mengikuti alur goyangan tubuh yang melintang. Hitung repetisi Anda sebanyak 12 reps 3set.

Floor Stick Twist

 Untuk mengencangkan perut samping, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke gym  demi mencari alat twisting. Cukup duduk di matras dengan memikul sebuah tongkat, lalu memutarkannya ke kiri dan kanan layaknya sebuah baling-baling. Maka manfaat pengencangan perut samping pun dapat Anda rasakan hanya sekedar bersantai di rumah. Lakukanlah dengan posisi tubuh tegak dan jumlah repetisi sebanyak mungkin, selagi tubuh Anda membutuhkan tips latihan seperti ini.

Sumber gambar dan artikel : reps-id.com

0 Response to "cara mengencangkan perut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel