-->

Telaga Sejuta Akar Bondo Jepara


Telaga Sejuta Akar adalah telaga yang terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pemandangan disini berupa puluhan pohon beringin karet besar dengan jumlah akar yang begitu banyak hingga disebut sejuta akar. Air yang ada di telaga tersebut bersumber dari sebuah mata air alami.

Mitos tentang Telaga Sejuta Akar,  dulu telaga ini disebut sebagai Telaga Mandireja, tempat Dewi Anjani hamil dan kemudian melahirkan anak berupa kera berwarna putih  yang  disebut Hanoman. Sehingga dulu di sini banyak spesies tersebut namun kini sudah tidak aja jejaknya.

Selain sebagai tempat wisata, telaga yang sempat mengering karena banyaknya sedimentasi ini juga berperan sebagai sumber pengairan bagi sawah- sawah disekitarnya. Total ada 90 hektar sawah yang bisa terairi dari telaga tersebut.

Untuk mengembalikan kesadaran warga untuk menjaga mata air, baik itu embung, kedung atau sungai Yayasan Kartini Indonesia yang diketuai Hadi Priyando mengadakan event bertajuk "Festival Mata Air".


Nabella Amalia Utami salah seorang putri jepara berbakat di bidang fashion, berpose di Telaga Sejuta Akar saat mengikuti Fashion Carnival Festival Mata Air Jepara 2017. Acara yang diselenggarakan 29 - 30 Juli 2017 tersebut terdiri atas Ritual Ruwatan Mata Air, Sarasehan dengan tema Teologi Bumi, Antara iman dan pelestarian alam. Desiminasi Informasi Pelestarian Mata Air Melalui Seni Tradisional, lomba melukis bagi pelajar SD dan SMP, Pembuatan demplot pemanfaatan pekarangan rumah, penanaman pohon penghijauan, Pemutaran film, Pribumisasi Fashion Carnival, Panggung Sastra Alam Lestari, Pentas musik dan penebaran bibit ikan.

0 Response to "Telaga Sejuta Akar Bondo Jepara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel