-->

Mengenal Desa Bondo, Desa Wisata


Bondo adalah nama sebuah desa di Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Bondo adalah satu satunya desa yang letaknya di daerah pesisir atau tepi laut di Kecamatan Bangsri. Luas wilayah Desa Bondo adalah 1.147.033 Ha dengan jumlah penduduk Desa Bondo sebanyak 3078 jiwa, Bondo terbagi menjadi 9 RW dan 30 RT. Masyarakat Bondo menganut beberapa agama seperti Islam dan Kristen, Sebagai sarana peribadahan Bondo memiliki 7 Masjid, 19 Mushola dan 9 Gereja.  Data diatas berdasarkan Statistik Daerah Kecamatan Bangsri 2016.

Secara geografis Desa Bondo sebelah selatan berbatasan dengan Desa Karanggondang, sebelah timur berbatasan dengan Desa Jerukwangi, sebelah utara berbatasan dengan Laut jawa, dan sebelah barat berbatasan dengan Desa Karanggondang.

Desa Bondo memiliki beberapa tempat wisata seperti Pantai Bondo, Pantai Ombak Mati dan Telaga Sejuta Akar. Desa Bondo merupakan salah satu desa ring satu PLTU Tanjung Jati B, melalui Program Corporate Social Resposibility baru baru ini PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B dengan menggandeng The La Tofi School of CSR berniat menjadikan Pantai Bondo atau Desa Bondo Sebagai Desa Wisata.

Selain membangun beberapa fasilitas untuk menjadikan Pantai Bondo sebagai Wisata andalan Jepara, Jawa Tengah bahkan nasional. Masyarakat juga dibekali dengan berbagai pelatihan, seperti pelatihan kuliner mulai dari pengelolaan hingga penyajian. pelatihan tata kelola homestay, pengelolaan keuangan, akomodasi, kesenian, pengelolaan pantai.

Dan yang tak kalah penting adalah pelatihan bahasa inggris dan pengelolaan sampah. Dengan pelatihan bahasa inggris diharapkan masyarakat mampu berkomunikasi dengan baik saat menerima wisatawan asing. Sedangkan pelatihan pengelolaan sampah bertujuan agar selain kebersihan pantai terjaga masyarakat juga bisa merasakan manfaat ekonomis dari sampah yang dioleh menjadi barang bernilai jual sehingga menjadi tambahan penghasilan.


0 Response to "Mengenal Desa Bondo, Desa Wisata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel