-->

Sebagai Rasa Syukur Masyarakat Desa Bondo Adakan Sedekah Laut


Sedekah laut merupakan tradisi masyarakat pesisir khususnya nelayan, yang dilakukan setahun sekali. Kegiatan ini dilakukan sebagai rasa syukur atas hasil yang diperoleh nelayan dari menangkap ikan di laut serta berdoa agar hasilnya dalam menangkap ikan selalu melimpah dan diberikan keselamatan ketika bekerja.

Dilingkungan masyarakat nelayan, tradisi ini selain dijadikan sebagai ritual upacara sedekah laut juga biasanya dijadikan pula sebagai sarana hiburan rakyat yang tentunya dengan menampilkan hiburan seperti arak arakan budaya, pegelaran wayang, atau seni budaya setempat, panggung hiburan atau pengajian akbar, dan yang ikut meramaikan bukan hanya warga pesisir saja melainkan warga kampung sebelah atau warga pendatang yang sekedar ingin melihat prosesi ritual sedekah laut atau cuma ingin melihat hiburan rakyat saja.

Di Desa Bondo sedekah laut tidak hanya ditujukan untuk keberkahan nelayan, tapi juga warga Bondo yang berprofesi sebagai petani. Buktinya gunungan pada sedekah laut berupa gunungan dari hasil bumi. Petinggi Desa Bondo, Purwanto mengatakan dengan adanya sedekah laut ini masyarakat desa yang terdiri banyak keyakinan agama dan profesi bisa tetap hidup guyub. Selain itu, sesuai tujuannya nelayan dan masyarakat desa bisa terus diberikan keberlimpahan sumber penghidupan dari laut.

Sementara itu, koordinator kelompok pengawas masyarakat "Jinxkings" Nanang Cahyo Hadi yang sekaligus pengelola Kedai Jinxkings  melalui akun sosial medianya memohon dukungan kepada MNCTV untuk meliput kegiatan tersebut sehingga makin lestari budaya bangsa.


0 Response to "Sebagai Rasa Syukur Masyarakat Desa Bondo Adakan Sedekah Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel