-->

Wisata Banyuwangi Akan Bersaing di ACTC Award 2017


Menghadapi Kompetisi Kota Wisata Bersih tingkat ASEAN (ASEAN Clean Tourist City Award/ACTC Award) 2017. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menunjuk Banyuwangi sebagai wakil Indonesia. Sejumlah obyek wisata yang ada di Banyuwangi akan bersaing dengan ratusan obyek wisata lain di Asia Tenggara untuk meraih supremasi tertinggi bidang pariwisata tingkat ASEAN tersebut.

Obyek wisata yang terpilih mewakili Banyuwangi adalah wisata bahari Bangsring Under Water (Bunder) dan Grand New Watudodol (GWD). Selain Banyuwangi, ada enam kabupaten/kota lainnya yang turut bersaing, yaitu obyek wisata yang ada di Kota Surabaya, Surakarta, Bandung, Singaraja, Batu dan Semarang.

Terpilihnya Banyuwangi karena sektor pariwisata di Banyuwangi mulai bergeliat dengan mengusung konsep ekoturime, Banyuwangi berhasil mengembangkan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya dan ekonomi masyarakat lokal.

Banyuwangi sudah melaksanakan indikator penilaian kota wisata bersih seperti pengelolaan lingkungan, kebersihan, penanganan limbah, serta pembangunan kesadaran mengenai perlindungan lingkungan dan kebersihan. Selain itu juga tersedianya ruang hijau, keselamatan, kesehatan, dan keamanan perkotaan, serta infrastruktur dan fasilitas pariwisata.

Modal lain yang dimiliki Banyuwangi adalah aksesbilitas dimana saat ini telah ada penerbangan langsung Jakarta - Banyuwangi setiap hari melalui Bandara Blimbingsari. Bandara tersebut juga sedang diupayakan menjadi bandara internasional yang ditargetkan pada tahun 2019 mendatang.

Sumber : Kemenpar

0 Response to "Wisata Banyuwangi Akan Bersaing di ACTC Award 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel