-->

Hidup Sehat, Bebas Kolestrol !


Hidangan lezat, berbumbu gurih, berminyak, dan bersantan ditambah lagi kue-kue manis yang menggoda, membuat kita sulit menolaknya. Apa lagi disantap bersama keluarga seperti saat lebaran atau bersama teman saat menghadiri pesta. Tak jarang orang mengeluhkan kadar kolestrolnya meningkat. Nyeri di leher dan punggung, sakit kepala, kesemutan, serta sakit pada kaki dan tangan yang merupakan ciri dari tingginya kadar kolestrol dalam darah.

Jika kondisi tersebut terjadi pada kita, sebaiknya segera periksakan diri kita ke dokter. Lantaran kadar kolestrol jahat (LDL) yang tinggi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit serius seperti jantung, stroke, dan hipertensi. Selain diakibatkan konsumsi makanan dengan kandungan kolestrol tinggi dan kurang berolahraga, kondisi ini juga dipengaruhi faktor keturunan. Untuk mengendalikan dan menurunkan kadar kolestrol yang tinggi, kita bisa memulainya dengan langkah berikut ini.

Rutin Berolahraga

Salah satu olahraga yang terbuti ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol jahat adalah jalan kaki. Asalkan dilakukan secara rutin, setidaknya 5 kali dalam seminggu dengan durasi 45 menit per hari. Menurut sebuah penelitian medis, berjalan kaki bisa menurunkan tingkat kolestrol jahat, sekaligus meningkatkan kolestrol baik (HDL) hingga 10%.

Pola Konsumsi Sehat

Perbayaklah konsumsi buah dan sayuran ataupun jenis makanan lainnya yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (HDL), seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan. Konsumsi ikan, setidaknya tiga kali seminggu juga bisa menurunkan kolestrol secara lebih optimal karena adanya kandungan asam lemak omega-3 pada ikan.

Sebuah penelitian lain menyebutkan konsumsi stroberi juga berkhasiat mengusir kolestrol jahat.Selain kaya vitamin C, stroberi mengandung kalium yang bisa mengontrol detak jantung dan tekanan darah serta mengandung phyto senyawa yang bermanfaat untuk menghambat oksidasi kolestrol jahat.

Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Penelitian menunjukan berat badan yang berlebih  bisa mengganggu kinerja tubuh dalam menghancurkan lemak, sekalipun kita hanya mengkonsumsi sedikit lemak. Maka, mengurangi berat badan adalah salah satu cara mengendalikan kolestrol tubuh.

Rutin Mengecek Kadar Kolestrol

Periksalah kadar kolestrol secara rutin. idealnya, kadar kolestrol yang disarankan dokter adalah harus di bawah 200mg/dl, dengan kadar LDL di bawah 140 dan kadar HDL di atas 40.



0 Response to "Hidup Sehat, Bebas Kolestrol !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel