-->

Tips Lulus Seleksi PNS | Berdasarkan Pengalaman Penulis

Tips Lulus Seleksi PNS | Berdasarkan Pengalaman Penulis

Tahun ini rencananya saya akan mendaftar PNS, sebagai persiapan awal dan berharap lulus saya mencari informasi, cara atau tips bagaimana cara agar lulus seleksi PNS. Tapi beberapa website atau blog justru memanfaatkan momen atau situasi pendaftaran PNS ini dengan menjual ebook atau software.




Sampai akhirnya saya menemukan blog yang menuliskan pengalamannya lulus ujian seleksi PNS, berikut potongan salinan artikel blog tersebut.

Let’s go to the point … TIPS Lulus seleksi Tes CPNS.
#SELEKSI PENDAFTARAN ON LINE
  1. Baca dan pahami syarat-syarat pendaftaran, tata cara pengisian form pendaftaran, dan info-info lain yag berkaitan dengan pendaftaran. Bahkan bila perlu info-info tersebut di print  sehingga bisa dibaca lebih detail dan dibaca berulang-ulang untuk dipahami.
  2. Persiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk pendaftaran, misal Foto copy Ijazah dan transkrip berlegalisir basah, Kartu Kuning, SKCK dari Polres setempat, Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga berlegalisir (biasanya dilegalisir oleh Kantor Catatan Sipil).
  3. Surat- surat tersebut di atas bisa dipersiapakan jauh-jauh hari sehingga saat dibuatuhkan sudah siap semua. Cek juga tanggal kadaluarsa berkas-berkas tersebut.
  4. Jika ada formulir pendaftaran yang bisa diunduh maka saran saya silahkan unduh dan di print serta diisi sebagai simulasi semuanya sesuai dengan berkas asli. Hal ini sebagai latihan mengisi berkas pendaftan on line dan tentunya mempercepat proses pengisian pendaftaran on line. Karena pada pendaftaran on line ada yang menggunakan sistem batas waktu, untuk mengisi masing – masing kolom dibatasi oleh waktu dan jika melebihi batas waktu yang ditentukan maka proses pengisian gagal dan perlu mengulang dari awal. Penulis yakin pasti semuanya ingin sekali daftar langsung beres dan tidak ada masalah.
# SELEKSI BERKAS

  1. Cek kembali persyaratan pendaftaran, mana yang minta berkas asli dan mana yang minta berkas fotocopy dan berapa rangkap.
  2. Membuat cheklist , untuk memastikan  berkas yang akan dikirimkan sesuai dengan permintaan panitia.
  3. Pastikan sesuai dengan permintaan panitia yang tertulis dalam persyaratan.
  4. Siapkan map jika memang berkas dimasukkan ke dalam map sebelum dimasukkan ke amplop. Biasanya warna map ditentukan dari panitia.
  5. Masukkan berkas kedalam amplop yang telah disiapkan lengkap dengan alamat tujuan dan pengirim. Pastikan penulisan alamat tujuan dan pengirm jelas.
  6. Kirim berkas melalui jasa pengiriman terpercaya misal Pos Indonesia via Pos Exress (satu hari sampai), lebih baik bayar lebih tidak masalah dan berkas sampai cepat dan tepat.
  7. Cek keberadaan berkas kita pada hari yang mana diperkirakan berkas kita sudah sampai alamat. Dengan memasukkan kode pengiriman kita yang tertera pada resi (tanda pengiriman berkas). Jika sudah sampai tujuan maka kita lebih tenang, jika belum sampai maka Anda bisa menanyakan ke kantor pos terdekat atau jasa pengiriman yang anda gunakan.
  8. Setelah berkas dikirim, iringi dengan doa dan mohon doa orang-orang terdekat misal kedua orang tua, keluarga, guru, sahat, dll semoga lulus berkas.
# SELEKSI UJI TULIS
Uji tulis dilakukan biasanya jika Anda lulus seleksi berkas.
1. Persiapan
-   Jaga kesehatan dengan makan teratur, istirahat cukup, jangan makan makanan yang aneh misal makanan terlalu pedas, terlalu asam , dll.
-   Belajar soal-soal yang bisa di donlot dari internet atau buku contoh soal-soal CPNS yang bisa dibeli di toko buku besar misal Gramedia (bukannya jual merek tapi saya dulu beli bukunya di toko tersebut .
-    Pilihlah buku-buku yang dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan jadi kita bisa belajar dari pembahasannya. Dengan memahami pola-pola pertanyaan dan cara menjawabnya maka kita akan bisa menegrjakan soal-soal dengan pola yang sama walaupun kaliamatnya ataupun bentuknya dimodivikasi.
-   Saat itu penulis merasa terbantu banget dengan belajar buku-buku tersebut karena jujur penulis bukan orang cerdas tapi katanya tekun, ya dengan tekun itulah  penulis menikmati hari-harinya dengan soal-soal tes CPNS.
-    Buku – buku terutama pada pembahasan psikotes dan matematika dasar sangat membantu penulis. Dan bisa dibilang kemungkinan nilai dari dua materi tersebut yang  mendongkrak nilai penulis. Karena memang penulis kurang di urusan matematika sehingga penulis menambah koleksi buku soal-soal tes CPNS khusus soal matematika.
-    Persiapkan alat tulis secukupnya, misal 2 pinsil 2B yang sudah diruncingi, karet penghapus, rautan, cutter,.
-    Siapkan kartu ujian.
-    Survey tempat ujian minimal H-1 untuk memastikan waktu yang dibutuhkan dari tempat tinggal samapai dengan tempat ujian apalagi jika kita menggunakan kendaraan umum sehingga bisa memperkirakan jiak ada kemacetan.
-  Perbanyak doa kepada Allah, kalo muslim tambahin sholat sunah malamnya (tahajud), sholat hajad, dhuha, tadarus Qur’an.
-  Doa kedua orang tua. Lagi-lagi doa orang tua, memang doa kedua orang tua sangat muajrab so perbanyaklah minta didoakan kedua orang tua.
2. Saat Ujian
-    Membawa kartu ujian.
-    Membawa akat tulis.
-     Sarapan sebelum berangakt ke tempat ujian atau sarapan di sekitar tempat ujian yang penting  sebelum ujian dimulai.
-     Membawa air minum (cukup air putih), karena ujiannya baisa beberapa jam sehingg amengantisipasi terjadinya dehidrasi.
-     Persiapkan juga permen ataupun cemilan kecil, sapa tahu kelaperan di dalam ruang tes dan ada waktu beberapa menit anatar soal pertama denagn soal berikutnya.
-     Mohon doa restu kedua oranga tua, doa kedua orang tua sangat melejitka doa kita sampai langit dalam kata lain .. doa kita akan lebih mudah dikabulkan jika ditambah dengan doa oleh kedua orang tua kita.
-     Konsentarasi
-     Fokus
# SELEKSI KESEHATAN
  1. Cek kesehatan sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh panitia, misal jenis yang harus diperiksa apa saja di Rumah sakit mana.
  2. Contoh pengalaman penulis, Tes kesehatan harus dilakukan Rumah Sakit Pemerintah. Waktu itu tahun 2007 penulis melakukan Medical Check Up di RS. Persahabatan (Jakarta Timur) dengan biaya Rp. 350.000. Hasilnya bisa diambil hari berikutnya tapi karena keterbatasan jatah cuti  maka berkas diambil saat berkas akan dikumpulkan ke BNN.
# SELEKSI WAWANCARA
  1. Persiapkan materi-materi yang berkaitan dengan instansi yang Anda daftar, mulai dari Visi, misi, struktur organisasi, apa-apa yang berkaitan dengan profesi Anda jika Anda bekerja di instansi tersebut.
  2. Tenang. Sikap tenang akan muncul jika Anda merasa siap untuk tes wawancara.
  3. Percaya diri saat menjawab. Kepercayaan diri bisa dilatih dengan beberapa hari sebelumnya berlatih wawancara misal dengan melibatkan teman atau saudara untuk menanyakan beberapa hal yang mana soalnya telah anda persiapkan. Ataupun dengan melihat sendiri menjawab pertanyaan demi pertanyaan di deoan cermin.
  4. Minta orang lain untuk menilai Anda dari segi cara menjawab, konten jawaban, body language, dll.
  5. Berpakaian rapi dan sopan.
  6. Sarapan sebelum tes wawancara jika wawancara dilakukan pagi, jika wawancara dilakukan siang maka sempatkan makan siang. Dengan perut terisi maka akan membuata Anda lebih tenang dan bisa konsentarsi. Kecuali dalam kondisi berpuasa (hal tersebut pengecualaian).
#MENUNGGU PENGUMUMAN HASIL SELEKSI
Saat -saat menunggu hasil seleksi adalah saat yang tepat untuk Anda mengencangkan doa Anda, melakukan hal-hal kebaikan yang disukai Allah misal menambah dan merutinkan sholat tahajud, sholat dhuha, tadaraus Al Qur’an, bersedekah, dll.  Analoginya sebagai berikut, kita minta sesuatu kepada ibu dan kita berusaha berbuat baik kepada ibu melaksanakan apa yang diinginkan ibu maka hati ibu-pun akan luluh dan memberikan apa yang kita inginkan. Begitu pula permintaan kita ALLAH. Dan Allah lebih tahu saat yang tepat doa-doa kita dikabulkan.
Saat masa menunggu, penulis tidak terlalu memikirkan harus lulus seleksi. Namun puji syukur kehadirat Allah, kali itu rezeki penulis dan lulus seleksi Alhamdulillah, Hati sangat senang dan gembira terlebih orang tua.
Tes seleksi yang penulis ikuti tersebut bukan tes yang pertama kalinya, sebelumnya sudah pernah mengikuti seleksi CPNS Pemda Kota Tegal, seleksi CPNS Kemensos, Seleksi CPNS BPPT namun semuanya belum lulus. Dari pengalaman tersebut, penulis belajar bahwa  kita semua harus selalu semangat, pantang menyerah, selalu berusaha. Kemarin  dan sebelumnya gagal maka kita msih punya kesempatan hari ni dan besok, yakin bahwa kegagalan juga pasti ada batasnya. RAIHLAH MIMPIMU dan PANTANG MENYERAHLAH sampai engkau RAIH MIMPIMU.    

JUJUR, BERTANGGUNG JAWAB, PANTANG MENYERAH, DOA KEDUA ORANG TUA DAN LIBATKAN ALLAH
INSYAALLAH CPNS DIGENGGAMAN

Sedikit tambahan dari saya, jangan berkecil hati meskipun anda cuma lulusan SMA atau sederajat seperti saya. pilih formasi yang sedikit pesaingnya atau peminatnya.

0 Response to "Tips Lulus Seleksi PNS | Berdasarkan Pengalaman Penulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel