-->

Ritual Sakral Yadnya Kasada

foto : fb kementerian pariwisata
Bromo Tengger Semeru atau lebih dikenal dengan sebutan BTS merupakan satu dari sepuluh destinasi prioritas yang menyenangkan. Salah satu kegiatan yang menarik dan merupakan budaya masyarakat sekitar adalah upacara ritual yadnya kasada, ritual tahunan terbesar adat suku Tengger Yadya Kasada.

Ada bnayak experience baru yang bisa digali dari sana. "Sejak zaman kerajaan Majapahit, acaranya selalu heboh, Yadnya Kasada Bromo dianggap sebagai tempat suci oleh suku Tengger," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur H Jarianto, Jum,at (16/6)

Usai Yadnya Kasada dilanjutkan upacara Kasada Bromo pada 14-16 bulan Kasada atau saat bulan purnama tampak dilangit. Upacara ini ini untuk mengenang dan memperingati pengorbanan sebuah pengorbanan seorang Raden Kusuma anak Jaka Seger dan Lara Anteng serta sebagai tata cara adat suku Tengger untuk mencari keselamatan , kemakmuran dan berkah.

Puluhan ribu wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan luar Jawa Timur serta wisatawan mancanegara tumplek blek menghadiri acara tersebut setiap tahunnya. Gunung Bromo memiliki keunikan panorama selain indah juga mistis, sehingga menyodorkan suasanya yang berbeda dengan gunung lainnya.

0 Response to "Ritual Sakral Yadnya Kasada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel