-->

Cara Berjualan di eBay.com Tanpa Memiliki Produk

Sebenarnya sudah lama saya mempunyai account eBay. Tetapi saya gunakan untuk membeli barang, bukan untuk berjualan.
Beberapa tahun yang lalu saya sempat berencana untuk berjualan di eBay. Namun karena tidak punya produk dan memikirkan biaya ongkos kirim dari Indonesia yang cukup mahal, maka saya mengurungkan niat berjualan di eBay.
Tetapi ternyata kita bisa berjualan tanpa harus punya produk. Kita bisa menjadi reseller sebuah supplier dan menjualkan produk mereka di eBay. Pembayaran dari pembeli masuk ke rekening Paypal kita, kemudian kita memesan barang tersebut ke supplier, nanti  supplier yang akan kirim langsung barangnya ke pembeli. Dengan cara seperti ini kita tidak perlu mempunyai stok barang dan tidak dipengaruhi oleh ongkos kirim Indonesia.
Penjualan seperti yang disebutkan diatas dikenal dengan istilah  dropshipping. Untuk lebih jelasnya coba lihat diagram sebagai berikut:
Jualan di eBay dengan cara dropship

Apa itu eBay?

Buat yang belum tahu… eBay adalah website lelang dan jual beli online yang terbesar saat ini. Setiap orang bisa mendaftar dan berjualan dengan cara lelang, ataupun dengan cara jual-beli langsung – Buy It Now. Berjualan di eBay cukup aman karena eBay memberikan proteksi kepada pembeli maupun kepada penjual. Apabila membayar via Paypal, pembeli akan mendapat perlindungan berupa pengembalian uang kalau seorang penjual berbuat curang — misalnya dengan tidak mengirimkan barang atau barang tidak sesuai dengan yang dicantumkan.

Bagaimana cara menemukan supplier?

Untuk menemukan supplier bisa dengan cara mencari di search engine. Tetapi sangat tidak disarankan karena perusahaan yang kita temukan nanti belum tentu merupakan perusahaan yang terpercaya yang bisa mengirimkan barang pesanan kita ke pembeli.
Cara yang saya gunakan untuk menemukan supplier yang reliable adalah dengan mendaftar ke sebuah website wholesale directory. Yaitu sebuah website yang memuat daftar supplier dari seluruh dunia, dan bisa dipercaya.
Website dimana saya menemukan daftar supplier adalah Salehoo. Website ini memuat daftar supplier dari seluruh dunia untuk berbagai macam jenis produk dan merk. Anda bisa cari produk elektronik, pakaian, dsb.

Apakah berjualan di eBay bisa laku?

Ini merupakan pertanyaan saya sebelum memulai berjualan di eBay. Tetapi setelah membuat kaki saya basah, ternyata laku juga berjualan di eBay. Menurut saya ini cukup berpotensi. Coba lihat gambar di bawah ini, fakta bahwa berjualan di eBay bisa laku:
Cara berjualan di eBay tanpa memiliki produk
Screenshot di atas merupakan penjualan di eBay selama satu malam. Belum termasuk penjualan pagi, siang dan sore. Bagaimana menurut anda? :-)

Ingin coba jualan di eBay, bagaimana caranya?

Caranya mudah, coba ikuti langkah disini:
  1. Mendaftar account Paypal, ini berguna untuk kirim/terima uang. Baca caranya di Cara membuat account Paypal.
  2. Mendaftar di eBay.com
  3. Mendaftar di wholesale directory Salehoo
Setelah terdaftar di Salehoo , carilah supplier barang yang ingin anda jual, klik pada websitenya dan mulailah mencari tahu prosedur dropshiping pada website supplier tersebut. Setelah ketemu yang cocok, cobalah mendaftar dan mencari barang apa yang akan dijual. Kemudian cobalah menjual – Pilih menu SELL di eBay.

Catatan:

Menjual di eBay tidak selalu dengan cara dropshipping. Kalau kita punya produk — atau kita punya relasi yang punya produk unik, khas Indonesia dan punya harga bersaing, kita bisa jual di eBay. Sebagai contoh, ada penjual Indonesia yang menjual perangko koleksi, sepatu, kopi luwak atau Indomie. Hah.. Indomie? Ya… katanya sih laku juga, soalnya banyak orang Indonesia di luar negeri yang suka makan Indomie, dan membelinya lewat penjual di eBay :-)

sumber : www.piepin.com

0 Response to "Cara Berjualan di eBay.com Tanpa Memiliki Produk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel