-->

Tips Menjadi Bos Yang Dicintai Bawahan



   Ada benarnya pepatah "Pemimpin besar dilahirkan bukan dibentuk." Dalam beberapa hal, kapasitas kepemimpinan memang sifat bawaan. Namun bukan berarti Anda tidak bisa belajar menjadi pemimpin yang baik. Berikut tips agar anda bisa menjadi 'Bos' yang dicintai bawahan.

Evaluasi diri.

Para 'Bos' hebat secara berkala melakukan evalusi kekuatan dan kelemahan pribadi, Mereka bertanya "Apa yang harus saya lakukan? Apa saja kelemahanku?." Dengan mengetahui kelemahan, si 'Bos' bisa mendelegasikan pada orang lain yang memiliki kelebihan daripada pura pura mampu.

Responsif.

Seorang 'Bos' harus tidak egois, ia responsif terhadap kebutuhan,opini dan keinginan bawahan serta harus tahu nilai nilai dan tujuan dari masing masing individu. Memperhatikan kesejahteraan bawahan,karyawan,pegawai atau pekerja yang ada di lingkungannya sampai level paling bawah (cleaning service ). Bagaimana gajinya, bagaimana lemburanya apakah sudah dibayar, apakah cukup untuk hidup sehari hari hari. Jika memang belum beri mereka motivasi dan solusi yang bisa membuat mereka lebih nyaman dan bersemangat dalam bekerja.

Tahu seluk beluk organisasi.

Para 'Bos" yang efektif tahu tujuan keseluruhan organisasi, dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Dia juga tahu kelebihan dan kekurangan dalam timnya atau bawahannya. Tapi janganlah orang yang dianggap punya kelebihan atau dianggap mampu lalu diberikan tugas lebih dari yang lain. Kasih mereka juga punya job atau tanggung jawab yang harus mereka kerjakan, jangan buat mereka merasa terbebani karena mendapat tugas tambahan yang semestinya bukan tanggung jawab mereka.

Demikian tips menjadi Bos yang di cintai, di hormati dan di segani bawahan, semoga bermanfaat.


  

1 Response to "Tips Menjadi Bos Yang Dicintai Bawahan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel